Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

0
(0)
Belajar Bahasa Mandarin itu sangat sulit dan membingungkan”. “Tidak mungkin saya bisa menguasai bahasa Mandarin”. Kedua kalimat diatas biasanya muncul dipikiran para pemula yang baru mulai belajar bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin yang terkenal sebagai bahasa paling rumit didunia dengan karakternya yang mencapai ribuan bahkan ratusan ribu serta pengucapan nadanya yang berbeda akan membuat anda berpikir ribuan kali untuk mempelajarinya. Tetapi tenang saja, belajar Bahasa Mandarin tidak sesulit yang anda bayangkan sekarang. Asal ada niat belajar yang kuat, dijamin anda pasti akan dapat menguasainya.

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini langkah-langkah belajar bahasa Mandarin bagi para pemula agar anda dapat dengan mudah mempelajarinya.

  1. Belajar pengucapan Initials dan Finals
    Ini langkah pertama yang harus dijalani terlebih dahulu untuk belajar bahasa Mandarin. Langkah pertama ini sama halnya ketika mempelajari a, b, c, d, … di waktu SD. Dalam bahasa Mandarin huruf-huruf ini terbagi menjadi dua macam huruf, yaitu huruf konsonan (initials) dan huruf vokal (finals)Huruf Initials :
    b, p, m, f (dibaca : puo, phuo, mo, fo)
    d, t, n, l (dibaca : te, the, ne, le)
    g, k, h (dibaca : ke, khe, he)
    j, q, x  (dibaca : ci, chi, si)
    z, c, s (dibaca : ze, ce, se)
    zh, ch, sh, r (dibaca : zhe, che, she, je)
    y, w (dibaca : yi, wu)

    Huruf Finals :
    a, o, e (dibaca seperti : aku, otak, enak)
    i, u, ‘u’ (dibaca seperti : ikan, wushu, yui)
    ai, ei, ui, ao, ou ( dibaca seperti : capai, hei, wui, pulauowu)
    iu, ie, ue, er ( dibaca seperti : kayuyen, wue, eer)
    an, en, in, un, ‘un’ ( dibaca seperti : badan, kangen, anginuntuk, wuin)
    ang, eng, ing, ong (dibaca seperti : angsa, enggak, wedding, gong)

  2. Belajar Pengucapan Nada
    Cara baca kedua jenis huruf diatas tentu berbeda dengan car abaca a,b,c,d yang anda pelajari waktu SD. Anda bisa mempelajarinya dari berbagai sumber yang benar seperti video, audio (rekaman),  dari teman Chinese anda, ataupun dari guru bahasa Mandarin anda. Umumnya hanya terdapat sedikit kesulitan dalam pengucapan zh, ch, sh, & r. Huruf initial dan huruf final yang digabung akan menghasilkan sebuah kata yang biasa kita sebut pinyin. Terus berlatih hingga anda benar-benar menguasai pengucapan pinyin.Setelah anda sudah mampu menguasai pengucapan initials dan finals dengan baik dan benar, barulah anda mulai mempelajari pengucapan nada. Dalam bahasa Mandarin, ada 4 macam nada : nada pertama ‘–‘ (datar), nada kedua ‘/’ (naik), nada ketiga ‘v’ (turun-naik), nada keempat ‘\’ (turun). Nada tersebut mewakili arti huruf mandarin itu masing-masing. Mempelajari pengucapan nada juga bukan hal yang susah dalam belajar bahasa Mandarin. Terus berlatihlah dengan kata-kata yang sederhana setiap hari. Lambat laun anda akan menjadi terbiasa dalam pengucapan nada dengan sendirinya.
  3. Belajar Mengenal dan Menulis Huruf Mandarin
    Huruf mandarin awalnya berasal dari gambar yang berbentuk piktograf. Dalam belajar bahasa Mandarin, mengenal dan mampu menulis huruf mandarin adalah hal yang penting. Belajar bahasa Mandarin selain mempelajari pelafalan pinyin, kita juga harus mempelajari penulisan huruf-huruf Mandarin. Pembelajaran anda akan tidak sempurna apabila hanya mempelajari pinyin (huruf latin mandarin), karena dalam belajar bahasa Mandarin, mengenal huruf Mandarin itu sangatlah penting. Oleh karena itu, mulailah belajar menulis huruf-huruf Mandarin yang sederhana diawal dan usahakan anda bisa mengingat hurufnya. Belajarlah menulis huruf Mandarin berdasarkan aturan penulisan yang benar (stroke) agar hasil tulisannya rapi dan bagus.
  4. Terus Latihan dan Praktek
    Apabila ketiga tahap diatas sudah anda kuasai, selanjutnya anda hanya perlu banyak latihan dan praktek. Berlatihlah dengan mencari dan mengenal huruf-huruf mandarin baru, belajar menulisnya, memakainya dalam kalimat, dan yang terpenting yaitu belajarlah mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Belajar dan berlatihlah sampai anda dapat berkomunikasi dengan lancar walaupun masih pasif. Semuanya perlu proses dan latihan yang panjang. Jangan pernah menyerah. Belajar bahasa Mandarin itu adalah hal yang menyenangkan dan sangat berguna bagi kita semua. Prakteklah dengan giat sehingga anda dapat dengan cepat menguasai bahasa Mandarin.
Belajar segala hal selalu membutuhkan usaha yang besar termasuk belajar bahasa Mandarin sehingga jangan pernah menyerah dalam belajar bahasa Mandarin. Tetap semangat dan berusahalah mencari tips-tips belajar bahasa Mandarin yang dapat membantu anda dalam belajar.
Jadi jangan ragu lagi untuk belajar dan menguasai bahasa Mandarin. Dengan banyaknya keuntungan dan manfaat yang kamu dapatkan, bahasa Mandarin menjadi bahasa asing yang cukup penting untuk dipelajari. Pasti tidak mau, kan, melewatkan beragam manfaat di atas? Nah, maka dari itu, ayo segera daftar di Tempat Kursus Bahasa Mandarin dan jadilah mahir dalam bahasa ini sebelum terlambat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

No Comments

Post A Comment